cara memperbaiki RAM yang rusak dan Cara mengatasinya

MUHAMAD ANGSORI ,SMK ROBBI RODLIYYA ,Jl.wolter monginsidi No:59,Genuk,Semarang Timur ,semarang

Rabu, 05 Agustus 2015

cara memperbaiki RAM yang rusak dan Cara mengatasinya

Cara Memperbaiki Memory RAM yang rusak serta ciri-cirinya dan cara mengatasinya ternyata sangat mudah sekali. Memory RAM (Random Access Memory) merupakan bagian penting dari hardware komputer. Dimana fungsi dari memory RAM ini adalah untuk menyimpan data secara sementara. Program dan semua aplikasi yang berjalan membutuhkan RAM. Setiap RAM memiliki kapasitas yang berbeda-beda, jika RAM semakin besar maka akan banyak ruang untuk menjalankan aplikasi secara keseluruhan. Biasanya beberapa dari pengguna komputer akan membagi pemakaian pada memory, jika aplikasi yang tidak digunakan bisa di matikan fungsinya agar ruang kerja memory RAM sedikit lebih lega dan tidak membuat komputer menjadi crash.

Jika dilihat dari proses dan kinerja memory RAM dibagi menjadi dua yaitu RAM virtual dan RAM fisik. RAM virtual yaitu RAM yang dibuat secara virtual oleh pengguna yang fungsinya untuk membantu RAM fisik, sedangkan RAM fisik merupakan RAM yang sudah dibenamkan didalam PC atau biasa ditaruh secara onboard.
Cara Memperbaiki dan Penyebab Memory RAM yang Rusak
Ciri - Ciri RAM Rusak Error:
1. Komputer tidak bisa booting sama sekali
2. Komputer mengeluarkan bunyi beep saat pertama kali komputer dinyalakan
3. komputer sering restart atau hang crash dengan sendirinya
5. Komputer sering shutdown dengan sendirinya 

Cara Mengecek RAM yang Rusak
1. Clear CMOS (mereset BIOS motherboard secara default) bisa dengan mencabut jumper maupun mencopot baterai CMOS
2. Mengecek kabel dari monitor terpasang secara benar di VGA port atau tidak.

Cara Memperbaiki Memory RAM yang Rusak

1. Tegangan Listrik yang tidak stabil
Permasalahan tegangan listrik memang menjadi sumber kerusakan pada memory RAM yang sering dialami para pengguna komputer, dimana saat sobat asik mengerjakan sesuatu dikomputer anda maka secara tiba-tiba listrik mati maka secara tidak langsung system yang sedang berjalan akan mati secara tiba-tiba dan system komputer kaget karena tidak ada perintah untuk mematikan, maka yang akan terkea dampak dari tegangan listrik yang tidak stabil yaitu memory RAM dan hardisk.

Cara Mengatasinya : Dengan menggunakan power supply atau UPS. dengan menggunakan power supply atau UPS paling tidak jika tegangan listrik dirumah sobat tidak bagus maka tegangan di UPS atau power supply akan menyimpan daya listrik sehingga tidak akan lengsung mati tetapi menyimpan beberapa menit untuk melakukan mematikan komputer secara prosedur.

2. Slot Memory atau Kuningan RAM kotor dan berdebu
Permasalahan pada RAM yang kotor juga sering kita alami dimana casing pada komputer dibiarkan terbuka lebar sehingga debu dan kotoran akan masuk ke memory RAM. Slot RAM dan RAM yang berdebu bisa saja menyebabkan komputer sobat menjadi crash dan hang karena RAM berhenti bekerja sehingga juga akan menyebabkan korslet pada mainboard.

Cara Mengatasinya : Bersihkan memory RAM dengan menggunakan penghapus karet. Cara membersihkannya yaitu dengan menggosok-gosokan pada kuningan tembaga pada memory RAM yang terlihat kotor secara merata. 

3. Overclocking atau Memaksa kinerja RAM
Permasalahan ini biasanya dialami para gamer atau penggila game untuk mendapatkan memory RAM yang lebih dan melampaui dari kapasitas memory RAM sebenarnya, resiko dari overcloking yaitu akan mempercepat kerusakan pada memory RAM. dengan menggunakan overclocking maka memory RAM akan sangat cepat panas dan menyebabkan memory menjadi rusak error.
Cara Mengatasinya : Beli RAM yang besar sehingga komputer tidak perlu di overclocking sehingga RAM tidak cepat panas dan dapat membuat RAM menjadi bagus kinerjanya.